INFORMASI: Data berikut ini masih dalam proses pemenuhan Prinsip SDI.

Posyandu

Jumlah dan Fasilitas Posyandu di Provinsi Jambi

Dataset terkait topik Kesehatan yang dihasilkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jambi yang dikeluarkan dalam peroide satu tahun sekali.

Penjelasan mengenai variabel di dalam dataset ini :

  • kode_kabupaten_kota : menyatakan kode dari setiap kabupaten dan kota di Provinsi Jambi sesuai ketentuan BPS merujuk pada aturan Peraturan Badan Pusat Statistik Nomor 3 Tahun 2019 dengan tipe data numerik.
  • nama_kabupaten_kota : menyatakan lingkup data berasal dari setiap kabupaten dan kota di Provinsi Jambi sesuai penamaan BPS merujuk pada peraturan Badan Pusat Statistik Nomor 3 Tahun 2019 dengan tipe data teks.
  • posyandu : menyatakan wadah pemeliharaan kesehatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibimbing petugas terkait dengan tipe data teks.
  • posyadu aktif : Posyandu yang mampu melaksanakan kegiatan utamanya secara rutin setiap bulan (KIA: Ibu hamil, Ibu nifas, bayi, balita, KB, Imunisasi, Gizi, Pencegahan dan penanggulangan diare) dengan cakupan masing-masing minimal lebih dari 50%.
  • posbindu ptm : Upaya kesehatan berbasis bersumberdaya masyarakat (UKBM) dalam pencegahan dan pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM) melalui kegiatan skrining kesehatan/deteksi dini faktor risiko PTM, intervensi/modifikasi faktor risiko PTM serta monitoring dan tindak lanjut faktor risiko PTM bersumber daya masyarakat secara rutin dan berkesinambungan.
  • strata Posyandu :menyatakan empat tingkatan atau strata posyandu dengan tipe data teks.
  • pratama : Posyandu yang belum mantap, yang ditandai oleh kegiatan bulanan Posyandu belum terlaksana secara rutin serta jumlah kader sangat terbatas yakni kurang dari 5 (lima) orang.
  • madya : Posyandu yang sudah dapat melaksanakan kegiatan lebih dari 8 kali per tahun, dengan Pengelolaan Posyandu rata-rata jumlah kader sebanyak lima orang atau lebih, tetapi cakupan kelima kegiatan utamanya masih rendah, yaitu kurang dari 50%.
  • purnama : Posyandu yang sudah dapat melaksanakan kegiatan lebih dari 8 kali per tahun, dengan rata-rata jumlah kader sebanyak lima orang atau lebih, cakupan kelima kegiatan utamanya lebih dari 50%, mampu menyelenggarakan kegiatan pengembangan, serta telah memperoleh dana sehat yang berasal dari swadaya masyarakat dipergunakan untuk upaya kesehatan di Posyandu.
  • mandiri : Posyandu yang sudah dapat melaksanakan kegiatan lebih dari 8 kali per tahun, dengan rata-rata jumlah kader sebanyak lima orang atau lebih, cakupan kelima kegiatan utamanya lebih dari 50%, mampu menyelenggarakan kegiatan pengembangan, serta telah memperoleh dana sehat yang berasal dari swadaya masyarakat dan kelompok usaha bersama (usaha dikelola oleh masyarakat) yang dipergunakan untuk upaya kesehatan di Posyandu.
  • jumlah : menyatakan Jumlah dan Fasilitas Posyandu di provinsi jambi dengan tipe data numerik.

(Sumber : Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, 2022 )

Data and Resources

Additional Info

Field Value
Source https://jdac.jambiprov.go.id/web-datasets/665/jumlah-dan-fasilitas-posyandu-di-provinsi-jambi-tahun-2022
Author Dinas Kesehatan Provinsi Jambi
Maintainer Dinas Kesehatan Provinsi Jambi
Last Updated May 20, 2024, 04:37 (UTC)
Created May 20, 2024, 04:37 (UTC)
Cakupan
Frekuensi Tahunan
Kontak Produsen +6274622701
Penanggung Jawab Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Provinsi Jambi
Pengukuran
Produsen Data Dinas Kesehatan Provinsi Jambi
Tanggal Dibuat 29 Februari 2024
Tanggal Diperbarui 15 April 2024
Tingkat Penyajian Per Kabupaten/Kota
Walidata Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jambi
harvest_object_id 767fd47b-a0ce-4923-9fa6-eb2bf4961b74
harvest_source_id d84e1e48-3ec7-4907-8217-cf40bf9d8649
harvest_source_title Provinsi Jambi - CKAN