INFORMASI: Data berikut ini masih dalam proses pemenuhan Prinsip SDI.

REPRESENTASI MULTIKULTURALISME DALAM PRAKTIK SELEKSI KOLEKSI PERPUSTAKAAN SMA KOLESE GONZAGA, JAKARTA

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi representasi multikulturalisme dalam praktik seleksi koleksi Perpustakaan SMA Kolese Gonzaga, Jakarta. Perpustakaan sekolah sebagai sarana pendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah ikut bertanggungjawab menumbuhkan nilai multikulturalisme pada peserta didik, menanamkan sikap untuk menghargai perbedaan dalam bahasa, etnisitas, dan agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis etnografi. Penjaringan data menggunakan pengamatan terlibat dan wawancara antara Desember 2019 hingga April 2020, serta analisis dokumen. Penentuan informan menggunakan purposive sampling, dengan jumlah 10 yang terdiri atas pengelola sekolah, pengelola perpustakaan, dan siswa. Temuan yang diperoleh menunjukkan bahwa praktik seleksi koleksi dilakukan dengan mengacu pada kurikulum sekolah dan berbasis subjek dari berbagai disiplin ilmu. Alat seleksi yang digunakan adalah tinjauan buku dari media sosial seperti webinar bedah buku, daftar judul buku dan katalog penerbit, usulan dari guru bidang studi, kepala sekolah dan wakilnya di bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana, serta daftar peminjaman buku oleh pemustaka. Pengambilan keputusan dalam praktik seleksi dilakukan secara musyawarah antara kepala perpustakaan dan kepala sekolah berdasarkan kesadaran akan nilai multikultural di kedua belah pihak, meskipun keputusan tetap dipegang oleh kepala sekolah. Pengembangan koleksi didasarkan pada refleksi dan evaluasi yang dilakukan oleh komunitas pendidik yang tertuang dalam Our Way Proceeding yaitu buku pedoman dalam bertindak dan memutuskan sesuatu. Kesimpulan menunjukkan bahwa representasi multikulturalisme dalam praktik seleksi koleksi di Perpustakaan SMA Kolese Gonzaga menerapkan nilai egaliter dan nilai demokratis. Saran yang perlu dilakukan adalah meningkatkan komunikasi secara rutin antara pemegang keputusan dengan kepala perpustakaan. Keywords: Seleksi koleksi; Multikulturalisme; Perpustakaan sekolah; Representasi

Data and Resources

Additional Info

Field Value
Source https://data.lipi.go.id/dataset.xhtml?persistentId=hdl:20.500.12690/RIN/LQ11XW
Last Updated November 7, 2022, 12:51 (UTC)
Created November 7, 2022, 12:51 (UTC)
GUID 4cecf595-4c03-11ec-a2b9-13b861877756
Language
dcat_issued -
dcat_modified -
harvest_object_id 1b1aef3f-20d1-455b-a1db-a25e22e04914
harvest_source_id 3bd3e3c4-c84b-4cc2-8b58-2dd475ec6523
harvest_source_title Badan Riset dan Inovasi Nasional - DCAT